Wednesday 1 July 2015

Pengalaman Saya Kedebit di Mesin ATM


Pernah ke debit ketika menarik uang di atm? Sebenarnya apa itu ke debit? Ke debit itu adalah ketika anda henda menarik uang di atm #misal Rp 1.000.000 , uang anda tidak keluar, tapi saldo anda berkurang. Menyebalkan sekali bukan? Apalagi ketika anda hendak menarik uang banyak, eh,, bukannya keluar uang, malah saldonya berkurang. Saya pernah mengalaminya 2 kali. Tentu hal ini bisa diurus di ATM bank yang bersangkutan. Tapi anda harus bersabar,, karena prosesnya lama. Begitu kata pegawai bank nya ketika saya mengurus ATM saya yang kena debit.
Pengalaman saya kedebit di mesin ATM terjadi pada tanggal 30 November 2014, ketika pada suatu malam, saya hendak mengambil fotokopian. Pada saat itu saya tidak membawa uang sama sekali. Lalu saya mencari mesin ATM terdekat. Saya hendak mengambil uang sebesar RP 100.000 pada sebuah mesin ATM di In**maret. Namun uang saya tidak kunjung keluar. Saya coba lagi,, Eh tidak keluar lagi.
Untungnya pegawai fotokopi itu teman saya, jadi saya ngutang karena besok tugas tersebut harus segera dikumpulkan. Pada saat itu saya belum tau kalau saldo saya berkurang. Pada Desember 2014 (lupa tanggal berapa) saya pergi ,menabung di Bank. Setelah menabung saya kaget. Lho kok saldo saya berkurang RP 100.000 ? saya ingat-ingat kejadian bulan lalu. Kemudian saya masuk lagi untuk menemui  mbak Customer Service (CS) yang cantik. Saya mengadukan keluhan saya. CS itu melayani saya dengan sabar. Dia menyusuh saya mengisi beberapa data. Dan mengatakan kalau hal tersebut akan segera diurus. Tapi saya harus bersabar, karena proses pengembalianya agak lama. Saya pun lega.Cepat syukur alhamdulilah, lama juga nggak masalah. Yang penting uang saya  kembali. Setelah saya menunggu berbulan2, uang tersebut tidak juga kembali. Saya kembali mengadu ke Cs. Cs itu hanya mengatakan pada saya untuk bersabar. Ya sudah saya sabar aja, Lagian cuma seratus ribu.
Pada tanggal  30 Juni 2015, saya hendak membeli Hp baru, karena saya tidak bawa uang cash, saya pergi ke mesin atm di Gi*nt. Saya mau narik Rp 2.000.000 . eh uangnya tidak keluar. mrncoba narik lagi Rp 1.000.000 uangnya tidak keluar juga. Lalu saya pindah ke ATM lain. Uangnya tetap tidak keluar. Karena saya pernah kedebit, saya chek rekening. Ternyata oh ternyata,, saldo saya berkurang Rp 1.000.000. Ini adalah kali kedua saya kedebit, dan yang keduaini kedebitnya agak banyak. Sedih sekali. Pagi harinya, saya pergi ke mbak Cs. Mbak cantik itu melayani saya dengan ramah. Lalu seperti biasa, saya disuruh mengisi beberapa data. Dia mengatakan hal itu bisa diurus, tapi prosesnya lama. Saya berkata ,"Tahun lalu saya pernah kedebit ,bak, tapi belum kembali," . Mbak cantik bertanya ,"sudah diurus belum?" . Saya jawab ," Sudah mbak". Lalu dia membuka data yang sudah ada. Melihat berkas tahun lalu. Dia mengatakan untuk bersabar. Saya bilang ," kalau yang itu saya luweh2 mbak, mau lama juga nggak papa, tapi yang ini agak banyak mbak, jadi agak takut n sedih juga". Mbak itu tersenyum dan berusaha meyakinkan saya. Kemudian saya bertanya di ATM mana saya harus mengambil uang untuk menghindari kedebit. Dan demikian tips menghindari kedebit di Mesin ATM :
  1. mengambil uang di Mesin Atm bank yang bersangkutan.(misal kartu ATM BRI syariah mengambil di mesin atm BRI syariah). Namun, hal ini agak susah. Apalagi jika kartu ATM anda berasal dari bank yang kurang familiar. Tentu lebih mudah mencari mesin ATM bersama atau ATM prima. Jadi anda bisa beralih ke tips nomor 2
  2. mengambil uangdi mesin  ATM yang berada di sekitar area wilayah bank (misal : di depan bank). Karena mesin ATM yang sesuai dengan kartu ATM anda jauh, maka anda mencari ATM bersama atau ATM prima. Carilah mesin ATM yang berada di sekitar area bank. Apabila anda kedebit, hal itu akan memudahkan pelacakan dan proses pengurusan.
  3. Hindari mengambil uang di mesin ATM di supermarket atau swalayan. Kalau yang ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, terdebit 2 kali di supermarket/swalayan. hehe.. Kata mbak pegawai bank, di swalayan itu banyak yang ngambil uang. Misal di mesin ATM tersisa uang satu juta, saya akan ambil 2 juta, maka uangnya tidak mau keluar. begictu...
  4. ketika anda mengambil uang di  mesin ATM, tapi uangnya tidak mau keluar. Jangan coba memasukan untuk mengambil uang lagi. Cukup chek rekening saja. Memastikan apakah saldo anda kedebit atau tidak.
  5. ketika anda mengambil uang di ATm, tetapi uang anda tidak keluar, anda patut curiga. chek rekening anda. apa bila berkurang atau kedebit, segera urus hal tersebut di bank yang bersangkutan

Apa bila anda sudah terlanjur kedebit, dimohon untuk bersabar,, hawong saya yang sudah memproses dari tahun lalu aja uang nya belum kembali.. hehehe,,, saya hanya bisa menunggu, saya ngotot sama mbak cantik Cs juga percuma aja, yang ngurus tetaplah pihak pusat,,pokoknya sabar aja,, apalagi bulan puasa kayak gini :D Demikian pengalaman dan tips dari saya, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment